MAKASSAR

Begini Harapan Plt Walikota Makassar Saat Buka Sosialisasi Peran Dan Fungsi Peternakan

MAKASSAR|JurnalCelebes – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar, DR Syamsu Rizal MI, membuka sosialisasi Peran dan fungsi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam mewujudkan Makassar Kota dunia, di Hotel Golden Tulip jalan Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Selasa, 17/04/2018.

Sosialisasi yang di gelar oleh Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar ini ,mengambil tema “Hewan sehat masyarakat sehat, hewan sakit masyarakat bisa tertular”. Serta melibatkan siswa siswi SMK dan Mahasiswa se-Kota Makassar.

Deng Ical sapaan akrab Plt Walikota Makassar dalam sambutannya mengatakan jika banyak sekali implikasi makanan yang bisa berpengaruh terhadap kualitas kehidupan manusia.

“Apa yang kita makan hari ini tentunya akan menentukan kita akan jadi apa besok. Bila rajinki makan daging bisaki lebih sehat, tapi kalau rajin makan ikan akan lebih sehat lagi. Tapi kalau makanki daging baru tidak sehat berarti menambah penyakit,” ujar Deng Ical

Hal itu tentunya mesti kita pahami bersama sebagai bagian dari integral suasana kehidupan kita terutama yang tinggal didaerah perkotaan.

“Ini semua tergantung apa yang kita lakukan, kalau kita cuek dan membiarkan orang menjual daging busuk, daging jadi bangkai dan membiarkan hewan ternak makan sembarang, maka untuk terhindar dari penyakit itu susah sekali,” tuturnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Deng Ical meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpatisipasi dan mengambil peran aktif terutama bagi anak SMK dan SMA serta mahasiswa yang akan menjadi generasi pelanjut bangsa ini.

“Jadi kalau kita semua bersama-sama mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsi masing- masing, maka sumber daya yang sedikit ini bisa menjadi berkembang dan maju. Jadi tidak boleh ada yang merasa bahwa itu bukan tanggung jawabnya. Karena filosopi pembangunan kita di Makassar itu adalah partisipasi masyarakat,” tuturnya.

Apalagi kata Deng Ical, dalam ajaran agama islam itu sangat jelas bahwa orang baik itu adalah orang-orang yang telah memberikan manfaat kepada orang banyak.

“Jadi kalau mauki jadi orang terbaik kasih meki manfaat kepada orang lain,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, DR. Abd. Rahman Bando, SP, M.Si saat memberikan sambutan mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk bagaimana masyarakat bisa mengetahui cara menjaga kesehatan hewannya, karena perlu diketahui penyakit manusia tidak menular ke hewan tetapi penyakit hewan bisa menular ke manusia.

“maka hari ini kita lakukan sosialisasi dengan melibatkan berbagai pihak termasuk akademisi, siswa, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, peternak serta asosiasi dokter hewan untuk menyatukan pemahaman dan perlu bersinergi menjaga kesehatan hewan”, ucap Rahman Bando.

Rahman bando pun berharap kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan atau peternak dan pengusaha hewan yang ada di makassar agar sering mengontrol kesehatan hewannya ke klinik hewan atau pusat kesehatan hewan yang ada di kota makassar.(*)

Editor: Uttank

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top