NEWS

Inginkan Mutu Terjaga, DP2 Gelar Pelatihan HACCP Dan CCS Bagi Pengolah Dan Pemasar

Makassar | JurnalCelebes.com — Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar Pelatihan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dan Cold Chain System (CCS) di Aerotel Smile Hotel, Jalan Muchtar Lutfi Kota Makassar. Rabu, 11/4/2018.

Kegiatan pelatihan yang diikuti ratusan perwakilan kelompok pengolah dan pemasar binaan DP2 Kota Makassar ini dalam rangka meningkatkan mutu produk pasca panen dan olahan hasil perikanan.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha DP2 Kota Makassar, Asmi Ali saat memberikan sambutan mengatakan perlunya pengetahuan masyarakat selaku pengolah dan pemasar untuk menjamin mutu dan keamanan hasil panen dan olahan perikanan.

“Sehingga produk yang dihasilkan nantinya, baik dari unit usaha kecil menengah maupun unit pengolah ikan dapat bernilai jual yang tinggi dipasarkan domestik, maupun ekspor,” ungkap Asmi Ali.

Lebih lanjut, Asmi Ali memaparkan salah satu cara yang efektif ditempuh yakni dengan mempertahankan suhu produk dibawah nol derajat, sehingga kesegaran dapat terjaga.

” Sehingga sistem rantai dingin dapat mempertahankan kesegaran produk perikanan dari kapal sampai dijual ke konsumen, sebab rantai dingin merupakan salah satu proses dan tahap yang penting dalam mencapai kesempurnaan dari produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Mohammad Zamrud dari Balai Besar Karantina Ikan Makassar menyinggung tentang penemuan cacing dalam olahan ikan kaleng beberapa waktu lalu sebagai contoh.

“Makanya proses pengawasan mutu dalam pengolahan ikan harus sesuai prosedur dan penanganan yang baik sehingga kasus seperti itu tidak timbul. Oleh karenanya pelatihan HACCP dan CCS ini sangat penting,” jelasnya.(*)

Editor : Wen

Inginkan Mutu Terjaga, DP2 Gelar Pelatihan HACCP Dan CCS Bagi Pengolah Dan Pemasar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top