DAERAH

Begini Perjalanan Mamuju Utara Hingga Menjadi Kab. Pasangkayu

PASANGKAYU|JurnalCelebes – Dulu Kabupaten Mamuju Utara (Matra) sekarang identik dengan nama kedaerahan Vovasanggayu. Melalui perjalanan panjang akhirnya kelengkapan administrasi rampung dipusat, pada hari ini, senin (5/2) telah berubah menjadi Kabupaten Pasangkayu dan diresmikan di depan Kantor Bupati, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar.

Bupati Kabupaten Pasangkayu, H. Agus Ambo Djiwa, dalam sambutannya mengatakan, sebelum terbentuknya Kabupaten pada tahun 2000 lalu kami telah menggagas nama Kabupaten Pasangkayu. Waktu itu hanya empat (4) Kecamatan, maka kami lakukan pertemuan dengan beberapa tokoh Masyarakat, pertemuan awal dilakukan di kantor Desa.

“Pada waktu itu saya meminta kepada pak Yaumil, menghadirkan tokoh Masyarakat untuk menyakinkan mereka bahwa kita bisa berdiri dan termasuk juga PT AAL Group yang sangat merespon terbentuknya Kabupaten Pasangkayu”,terangnya.

Agus juga mengatakan, sebelum bergerak kami bentuk Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP) pada tanggal 18 April, rapat pertama di kantor Kepala Desa. Pada waktu itu kita berjuang sekitar kurang lebih dua (2) tahun tujuh (7) bulan delapan (8) hari. Dalam perjalan perjuangan saat itu keluar UU No 22 tentang memungkinkan sebuah daerah untuk dimekarkan dan berdiri sebagai daerah otonomi”,jelasnya.

Selain itu Agus juga katakan, mengajak semua elemen masyarakat, agar tidak terlena dengan sejarah, mari kita menyongsong era pembangunan Otonomi dengan kembalinya nama Pasangkayu sesuai nama identitas Vovasanggayu.

“Untuk perjuangan KAPKP tetap akan tercatat dalam sejarah, perjuangan kita juga akan dilanjutkan oleh generasi yang cerdas, bijak dan berdedikasi tinggi dalam membangun daerah ini”,ungkapnya.

Bukannya kita mau terlepas dari nama Mamuju, persoalan nama itu harus jelas, sehingga memudahkan dalam kepengurusan di pusat, agar tidak terjadi tumpang tindih dengan Kabupaten lain, seperti Mamuju, Mamuju Tengah (Mateng),maka dari itu tidak bisa samar dan harus jelas.

“Secara geografis kita masih dalam wilayah Sulbar, secara otonomi kita berkiblat secara administrasi, jadi kami kembali mengusulkan nama menjadi Kabupaten Pasangkayu biar jelas. Maka dibutuhkan sosialisasi dan komitmen bersama membangun Daerah ini”,terang Agus.

Tambahnya, Agus juga menyampaikan, daerah ini adalah milik kita bersama,tidak ada lagi istilah pendatang atau mengklaim bahwa “Putra Daerah”,semua penduduk Pasangkayu yang memiliki hak dan kewajiban dalam membangun Kabupaten ini.

“Jangan lagi ada klaim bahwa “Putra Daerah”, semua penduduk Pasangkayu, daerah ini bukan milik golongan akan tetapi milik kita semua, maka dari itu mari membangun tanggungjawab dan menjaga demi kemajuan daerah ini”, tegasnya.

Dikesempatan yang sama,Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dalam sambutan singkatnya mengungkapkan, mudah-mudahan perubahan nama kabupaten ini menjadi berkah, spirit baru bagi masyarakat pasangkayu dan termotivasi dalam membawa daerah ini ke arah yang lebih baik dan maju, demi kesejahteraan masyarakat.

“Terkait dengan perubahan nama Kabupaten Matra, hal tersebut saya menekankan kepada Pemerintah Kabupaten Pasangkayu,yakni:
1. Segera menyelesaikan administrasi yang berhubungan dengan perubahan nama Mamuju Utara menjadi Pasangkayu
2. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pemerintah negara dikoordinasikan khususnya Provinsi, Pusat, Stakeholder terkait serta masyarakat, terutama yang berhubungan dengan bantuan, kegiatan serta anggaran.
3. Upayakan perubahan nama ini tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat khususnya administrasi kependudukan.

Diketahui, penandatanganan prasasti perubahan nama Kabupaten disaksikan sejumlah pejabat Pasangkayu yakni Sekda, H.M. Natsir, Ketua DPRD, Lukman Said, Sesepuh KAPKP sekaligus Wakil Ketua DPRD I, Yaumil Adj, Sekwan, Kajari, Ketua Pengadilan, Kapolres, Dandim, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pejabat Provinsi Sulbar.

Penulis: RMI

Editor: Uttank

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top