DAERAH

Akibat Saling Tuding di RDP DBH, Tiga OPD Kena Skorsing

PASANGKAYU|JurnalCelebes -Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saling tuding pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) diruang Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasangkayu, tentang Dana Bagi Hasil (DBH) penyaluran pajak rokok, senin 5 Maret 2018.

Dalam RDP tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Ka Dinkes) saling menuding dengan Sekertaris Bappeda dan staff Badan Pengolahan Aset Daerah (BPKAD) Pasangkayu terkait penyalurannya pajak rokok. Pihak Bappeda dan BPKAD telah mengakui bahwa DBH pajak rokok telah dikucurkan ke Dinkes sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dan UU No 28 Tahun 2009.

Sementara itu, Ka Dinkes juga mengakui bahwa sejak dari tahun 2016 hingga saat ini, dirinya tidak pernah membuat pertanggungjawaban ke Kementrian Kesehatan secara khusus, dikarenakan DBH Pajak rokok di Dinasnya tidak jelas.

Pimpinan sidang RDP Saipuddin Andi Baso melihat diantara beberapa OPD saling tuding, maka dia langsung mengambil tindakan skorsing dan akan dilanjutkannya besok, selasa (6/3) pada pukul 10 pagi.

Usai Skorsing RDP, saat ditemui Saipuddin Andi Baso, mengatakan bahwa saat ini masih pengumpulan data antara Dinkes, Bappeda dan BPKAD, kalau ini tidak bisa dipertanggungjawabkan kami akan bentuk Pansus terkait persoalan ini dan itu harus jelas.

“Kami terus kawal,jika memang itu tidak dapat dipertanggungjawabkan maka kami dari DPRD akan bentuk Pansus terkait penyaluran DBH Pajak rokok dan ini perlu transparan”,tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekertaris Bappeda,Arhamuddin mengatakan bila penyaluran DBH Pajak rokok sangat jelas dan sudah sesuai mekanisme. Semua itu ada rincian anggarannya mulai dari tahun 2016 – 2017 dan 2018, tepat sasaran.

“Inikan sudah sangat jelas,di keuangan dimana saja penyalurannya. Seharusnya Dinas terkait membuat Rencana Kerja (Renja) tentang Dana tersebut dan menghadiri langsung pada saat pembahasan (Renja-red) sehingga mereka dapat tahu berapa besaran Anggaran DBH Pajak rokok sesuai perencanaannya”, jelasnya.

Diketahui, dalam RDP dihadiri oleh 10 orang Anggota DPRD, Kabag Pemerintahan, Ka Dnkes Pasangkayu serta staffnya, Sekertaris Bappeda, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pasangkayu, Staff BPKAD, Kepala RSUD Pasangkayu.

Penulis: RMI

Editor: Uttank

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top