DAERAH

Ini Penjelasan PT. TIP Soal Penambahan Kolam dan Pemanfaatan Air Sungai Belum Mengantongi Izin

PASANGKAYU|JurnalCelebes – Pihak PT Toscano Indah Pratama (PT TIP) mengakui bahwa adanya temuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasangkayu, Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tentang aktifitas pemanfaatan air sungai dan penambahan kolam limbah tanpa mengantongi surat izin.

Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur Operasional PT TIP, Hamzah saat ditemui diruang kerjanya, sabtu 3 Maret 2018.

“Awal perencanaan hanya akan memanfaatkan air yang telah di daur ulang, karena hasilnya belum meyakinkan maka untuk sementara kami memanfaatkan air sungai, dan terkait dengan penambahan kolam Limbah saat ini kami lakukan untuk menampung limbah yang ada, namun semua kepengurusan izinnya telah berjalan”,jelasnya.

Hamzah juga mengatakan, saat ini telah menerima teguran keras berupa rekomendasi yang dikeluarkan dari DLH isi didalamnya surat tersebut tercantum beberapa item.

Maka Managament PT TIP telah melakukan berbagai upaya untuk melengkapi administrasi izin-izin yang tertera di dalam rekomendasi itu.

“Saat ini PT TIP telah memiliki IMB, IUP dan Izin Lingkungan, sementara untuk izin LAN Aplikasi, izin pembuangan limbah dan izin pemanfaatan air permukaan itu dapat di urus secara bertahap dan kami akan terus berupaya untuk melengkapi semuanya”,terangnya.

Ironisnya, Hamzah juga mengakui bahwa PT TIP telah mendapatkan teguran tentang bekerja tidak sesuai dengan Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH), Analis Dampak Lingkungan (Amdal). Dirinya juga menjelaskan bila saat ini pihaknya telah melakukan pengurusan perubahan DPLH itu sendiri sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh DLH Kabupaten Pasangkayu.

Penulis: RMI

Editor: Uttank

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top