POLITIK

Prof Ilmar : Gugatan Appi – Cicu Hanya Membuang Energi

Makassar | JurnalCelebes.com–Pasca ditolak di Panwaslu Kota Makassar, tim hukum pasangan calon nomer urut 1, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) rencana lembali mengajukan gugatan ke PT TUN Provinsi Sulsel.

Hanya saja, gugatan Appi-Cicu dinilai hanya membuang energi semata. Pasalnya, kecil kemungkinan akan diterima PT TUN.

Guru besar Fakultas Hukum Unhas, Prof Aminuddin Ilmar mengatakan, kejadian yang sama di Panwaslu akan kembali terulang di PT TUN.

“Nanti kan prosesnya juga sama. Karena nanti di PT TUN yang menyidankan sendiri akan mempertanyakan, mempersoalkan hal itu. Jadi sama dengan proses yang dibangun di musyawarah sengketa oleh Panwas sebenarnya,” kata Prof Ilmar, sapaan akrabnya, Selasa (27/2/2018).

Bahkan dia mengatakan ada kemungkinan penjelasan bahwa pelanggaran ini akan dijelaskan terlebih dahulu ke Panwas. Bukan langsung kepada masuk bahwa hal tersebut adalah sengketa. Dia menjelaskan bahwa yang menentukan bahwa persoalan tersebut adalah sengkata di tangan Panwas.

“Tapi itu kan sudah lewat yah, dan itu sudah ditolak,”kata dia.

Apalgi waktu proses di TP TUN sangat terbatas. Menurutnya, hanya 12 hari kerja. “Makanya kemungkinan bahwa proses yang sama juga akan dialami di PT TUN dengan obyek dan gugatan yang sama,” tegasnya.

Masih lanjut Ilmar, jika melihat fakta-fakta dan proses yang terjadi di Musyawarah Sengketa di Panwas Kota Makassar, dasar hukum yang diajukan tim Appi-Cicu sangat lemah.

‘Alasan yang dijadikan dasar bahwa terjadi pelanggaran itu kan sebenarnya berdasarkan pasal 71 ayat 3. Kemudian Undang-undang nomor 10 tahun 2016. Program itu batasnya 6 bulan tidak boleh dilakukan tapi kan itu tidak terpenuhi,” ucapnya.

Lanjut saksi ahli pasa saat musyawarah sengketa di Panwaslu Makassar ini, program yang dijadikan dasar pelanggaran adalah program yang sudah dituangkan dalam RPJMD dan APBD Makassar 2017. Sehingga tidak ada dasar kuat yang menjadi pegangan Appi-Cicu.

“Jadi kalau kita menilisik di situ saja, bukan program pribadi. Karena dia melakukan saat masih menjabat sebagai Wali Kota. Ini juga kan tidak bisa dibuktikan bahwa 6 bulan terakhir,” tandasnya.(*)

Prof Ilmar : Gugatan Appi – Cicu Hanya Membuang Energi
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top