KRIMINAL

Putra Eks PM Thailand Dijerat Tuduhan Pencucian Uang

Putra semata wayang mentan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra dijerat kasus pencucian uang hari ini (Rabu, 18/10).
Ia adalah Panthongtae Shinawatra. Ia dituduh menerima cek senilai 10 juta bath pada tahun 2004 lalu.Cek itu dinilai terkait dengan kasus korupsi yang melibatkan pinjaman penipuan sebesar 9,9 miliar baht yang diberikan oleh Bank Krungthai milik negara ketika ayahnya menjadi perdana menteri.

Wakil juru bicara Departemen Investigasi Khusus (DSI), Woranan Srilum, mengatakan Panthongtae telah menyerahkan diri pada hari Selasa namun telah dibebaskan karena tidak ada surat perintah penangkapan untuknya yang dikeluarkan.

Panthongtae sekarang bisa mengumpulkan bukti untuk kasusnya, kata Woranan, sementara DSI harus memutuskan apakah akan membawa kasus ini ke pengadilan pidana atau tidak.

Tidak ada keterangan resmi dari pihak Panthongtae.

Namun pendukung Shinawatra mengatakan bahwa tindakan hukum tersebut merupakan tawaran terakhir dari pihak berwenang di Thailand yang diperintah junta untuk merampas keluarga Shinawatra dari politik dan menumpulkan pengaruhnya. Demikian seperti dimuat Reuters. [rmol.co]

Putra Eks PM Thailand Dijerat Tuduhan Pencucian Uang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: